Kamis, 29 Oktober 2015

Bunga Sedap Malam, Keindahannya di Malam Hari

Anda pasti sudah banyak tahu seperti apa bunga sedap malam itu. Tapi tahukah Anda mengapa bunga ini dinamai bunga sedap malam? Jika belum, mari kita pelajari yang berikut ini.

Bunga sedap malam memiliki sifat yang unik diantara bunga – bunga lainnya yaitu beraroma sedap atau wangi pada malam hari. Selain itu, bunga ini juga mekar atau merekah hanya pada malam hari juga. Untuk itu, jika Anda ingin menikmati keindahan dari sang bunga, Anda harus rela menunggu sampai matahari sudah terbenam untuk menikmatinya. Hal tersebutlah yang membuat bunga ini dinamai dengan bunga sedap malam.

Bunga sedap malam atau yang memiliki nama latin Polianthes Tuberosa ini merupakan salah satu bunga yang banyak dimanfaatkan sebagai bunga potong dan parfum yang sudah tersebar luas di nusantara. Meskipun demikian, ternyata bunga sedap malam ini bukanlah bunga yang berasal dari Indonesia melainkan dari Meksiko. Sementara alasan mengapa bunga ini mekar dan berbau wangi pada saat malam hari haruslah di jelaskan secara ilmiah yang akan kami rangkumkan untuk Anda sebagai berikut.

Setiap bunga pasti memiliki aroma yang khas sesuai dengan jenis bunga tersebut. Aroma tersebut berasal dari minyak atsiri yang dimiliki oleh bunga yang terdapat pada bagian daun, batang, dan tentu saja bunganya. Karena setiap bunga memiliki kandungan minyak atsiri yang berbeda, maka aroma yang tercium akan berbeda beda pula ketika bunga telah mekar.

Mekarnya suatu bunga pada dasarnya dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti cahaya, suhu, dan kelembaban. Karena bunga sedap malam termasuk tumbuhan Skototropisme atau tumbuhan yang geraknya dipengaruhi oleh rangsangan gelap, cahaya berpengaruh pada gerakan sel dari bunga sedap malam. Selain itu, reaksi fotosintesis bunga sedap malam adalah reaksi fotosintesis yang tidak memerlukan cahaya namun memerlukan karbondioksida sehingga tidak berfotosintesis pada siang hari seperti bunga yang lainnya yang memerlukan cahaya. Zat hasil fotosintesis yang terjadi antara reaksi oksigen dengan senyawa kimia lainnya ini memiliki sifat volatil atau mudah menguap. Nah, karena itulah bunga sedap malam mekar dan mengeluarkan bau yang harum ketika malam hari.

Bunga sedap malam melambangkan rasa cinta, sayang, dan kesetiaan sehingga sering digunakan sebagai hiasan dan ornamen suatu acara pernikahan dalam tradisi jawa dan sunda. Pada daerah tertentu bunga ini digunakan dalam upacara adat, acara acara adat, persembahan, pengharum ruangan bahkan untuk pengusir nyamuk. Selain itu, bunga sedap malam ternyata juga dapat dimanfaatkan untuk mengobati katarak atau radang mata, bisul, bengkak, influenza, radang tenggorokan, dan juga rematik. Bunga inipun dipercaya untuk meningkatkan stamina serta menenangkan pikiran dan hati agar terhindar dari gangguan masalah susah tidur.

Ternyata bunga sedap malam tidak hanya dapat dinikmati keindahan dan aromanya saja, namun juga dapat dimanfaatkan untuk berbagai keperluan acara dan pengobatan. Bunga potong dan parfum juga tidak ketinggalan terbuat dari bunga ini. 

1 komentar: