Kamis, 22 Oktober 2015

Bunga Melati, Kecantikannya dan Manfaatnya..

Bunga melati adalah salah satu bunga yang dijadikan sebagai puspa bangsa atau simbol nasional bangsa Indonesia. Warnanya yang putih melambangkan kesucian dan kemurnian sehingga sering kali digunakan dalam suatu acara pernikahan dan sudah menjadi sebuah tradisi dari berbagai suku di negara kita. Selain baunya yang sangat harum dan bunganya yang elok, si cantik putih yang memiliki nama latin Jasminum Sambac ini juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan dan kecantikan. Karena keberadaannya yang sudah tersebar hingga keseluruh pelosok nusantara, membuat melati cukup mudah untuk ditemui. 

Sejak zaman dahulu, bunga melati memang sudah sering dipergunakan oleh nenek moyang kita untuk berbagai macam pengobatan. Lalu, sebenarnya apa sajakah manfaat dari bunga melati ini? Berikut beberapa yang akan kami bahas:

1. Teh Melati
Anda pasti sudah tahu bahwa bunga melati sering dimanfaatkan sebagai campuran teh. Sehingga Anda pasti juga kerap menemukan berbagai jenis produk teh yang memiliki varian rasa “jasmine tea” yang segar dan memiliki aroma yang harum. Teh melati ini juga baik diminum untuk menjaga kesehatan Anda dari berbagai macam penyakit seperti sesak nafas, demam, sakit kepala, menurunkan berat badan, menyeimbangkan gula darah, serta  memberikan efek ketenangan sehingga dapat mengatasi gangguan susah tidur dan juga stress.

2. Mengobati Penyakit yang Cukup Serius
Ternyata bunga melati juga dapat dimanfaatkan untuk mengobati beberapa penyakit yang tergolong cukup serius. Diantaranya seperti: demam berdarah, radang usus, dan radang ginjal. Cara mengobatinya ialah dengan menggunakan ekstrak dari bunga melati tersebut yang dicampurkan dengan beberapa bahan tambahan lainnya lalu diminum berdasarkan dengan dosis tertentu. Berikut secara rincinya:

a. Untuk demam berdarah
Cukup dengan merebus 7 lembar daun melati dan 1,25 gram buah belimbing dalam 250 ml air, rebus hingga air hanya tersisa 1 gelas saja. Jika sudah dingin dapat segera diminum. Lakukan dalam 3 hari berturut – turut dengan 8 gelas perharinya.

b. Untuk radang usus
Caranya, siapkan segenggam bunga melati poncosuda. Setelah dicuci bersih, rebus bunga melati tersebut dalam 3 gelas air hingga airnya tersisa hanya 1 gelas saja. Lalu minum air rebusan tersebut 2 kali sehari.

c. Untuk radang ginjal
Rebus 15 gram daun melati yang sudah kering dalam dua gelas air hingga air tersisa 1 gelas saja. Setelah dingin, minumlah air rebusan tersebut 2 kali sehari secara rutin sampai warna urine menjadi normal kembali.

Karena cara – cara tersebut termasuk obat herbal yang alami sehingga harus dilakukan secara teratur dan rutin untuk mendapatkan hasil yang optimum.

3. Untuk Kecantikan
Selain untuk pencegahan dan pengobatan berbagai macam penyakit, melati juga kerap dimanfaatkan untuk produk produk kecantikan khususnya ditujukan pada kaum hawa. Melati dapat dipergunakan untuk menghilangkan jerawat dan juga digunakan untuk membuat masker tubuh atau wajah.

Untuk menghilangkan jerawat, cukup dengan menggunakan ekstrak dari bunga tersebut yang telah direbus dan didinginkan untuk membasuh wajah Anda. Sedangkan untuk membuat masker, cukup dengan menumbuk beberapa kuntum bunga melati lalu dicampurkan dengan air mawar atau olive oil untuk dioleskan pada wajah atau tubuh Anda.

4. Sebagai Anti Septik
Ektrak dari bunga melati mengandung benzaldehida, asam benzoat, dan benzyl benzoat yang memiliki sifat antikuman, bakterisida, fungisida, dan antivirus yang sangat efektif untuk mencegah terjadinya infeksi dan tetanus pada luka. Itulah sebabnya minyak dari bunga melati menjadi disenfektan dan antiseptik yang sangat baik untuk mengobati luka. Selain itu, dengan menghirup bunga melati ternyata dapat mengurangi infeksi pada saluran pernafasan serta diketahui dapat meringankan pilek dan batuk.

Ternyata cukup banyak manfaat dari si cantik melati ini bukan? Anda juga dapat mencoba beberapa cara yang telah dicantumkan di atas tadi. Semoga bermanfaat dan dapat membantu Anda. Sekian dan terima kasih.

0 komentar:

Posting Komentar