Kamis, 01 Oktober 2015

Cara Agar Bunga Tetap Segar Dan Cantik

Bunga pemberian dari seseorang tersayang tidak akan spesial lagi apabila bunga itu sudah layu dan tidak terlihat cantik lagi. Bunga senantiasa memberikan pesona tersendiri lewat kelopak-kelopaknya yang tersusun rapi dan indah. Bunga sebagai ungkapan cinta  itu harus terus kita jaga agar tetap bisa bertahan lama. Segala moment yang tersimpan lewat karangan bunga cantik akan terus terkenang bila bunga itu tetap segar dan cantik. Ini dia  cara atau tips agar bunga tetap segar dan cantik :

1. Simpanlah bunga pada suhu normal
Banyak cara keliru yang dilakukan para perias dalam meletakkan bunga mereka, seperti disimpan dalam lemari es. Mengapa keliru? Karena dengan menyimpannya pada suhu yang rendah akan membuat bunga layu dan tidak tahan lama, karena suhu akan berubah secara drastis ketika bunga dikeluarkan dari lemari es dan disimpan dalam suhu ruangan.

2. Jangan memberikan air pada bunga
Pastikan air hanya mengenai batang bunga saja, karena menyemprotkan air ke daun atau bunga tidak akan membuat bunga potong segar, ustru akan membuat bunga layu dengan daya tahan kurang dari sehari.

3. Letakkan bunga potong dekat dengan ventilasi
Daya tahan bunga yang diletakkan pada ruangan yang bersirkulasi baik akan membuat bunga lebih tahan lama dan tetap segar dibandingkan dengan bunga yang diletakkan pada ruangan yang berasap rokok.

4. Celupkan tangkai bunga ke dalam air hangat
Seperti halnya dengan penempatan bunga, pencelupan tangkai ke air juga bergantung pada suhunya. Suhu air akan mempengaruhi bagaimana kondisi bunga. Air hangat akan mempercepat bunga mekar dan menyegarkan kembali bunga yang telah layu. Sementara air yang dingin akan membuat bunga lebih cepat layu. Dan perlu diperhatikan juga, penggunaan air dengan suhu yag terlalu panas atau terlalu dingin justru akan merusak bunga.

5. Jangan letakkan bunga potong dekat dengan buah-buahan matang
Mungkin tak banyak orang tau dengan hal ini karena buah matang menghasilkan gas etilen yang dapat mempengaruhi pertumbuhan dan pematangan. Sehingga apabila bunga berdekatan dengan buah-buahan matang akan menyebabkan bunga lebih cepat layu.

6. Hindari dari sinar matahari langsung
Pada umumnya bunga hias tidak tahan terkena sinar matahari. Oleh karena itu letakkan bunga tidak dibawah sinar matahari secara langsung. Seperti pada perkebunan bunga Bali Rose, menanam bunga dalam green house untuk menghindari sengatan sinar matahari langsung ke bunga.

7. Potong tangkai bawah 1 cm setiap hari
Saat bunga disimpan dalam vas berisi air, tangkai paling bawah akan menyerap air. Semakin lama disimpan dalam vas, bunga akan menyerap lebih banyak air. Potong 1 cm tangkai bawah setiap hari, agar pernyerapan air oleh batang lebih optimal. Perhatikan pula posisi pemotongan harus posisi agak miring dan jangan lupa petik dedaunan dibagian bawah batang serta bersihkan apabila ada duri.

8. Atur air dalam vas bunga
Gantilah air setiap 1-2 hari sekali dan selalu isi vas dengan air kira-kira setinggi 2 cm dari tangkai bawah. Hal ini sangat berguna untuk menghindari kebusukan pada batang bunga. Batang yang busuk membuat tampilan bunga tidak segar selain itu juga membuat bunga cepat layu.

9. Jangan meletakkan bunga bakung dalam satu vas dengan bunga yang lain
Mengapa bisa begitu? Karena bunga bakung mengeluarkan getah yang dapat menjadi racun bagi bunga sehingga bunga yang lain akan cepat layu  dan tidak terlihat cantik lagi.

10. Berilah pengawet bunga
Tak hanya air biasa yang bisa dimasukkan ke dalam vas, bisa juga larutan gula. Gula berfungsi untuk menjaga tingkat energi bunga yang tinggi, bahan untuk menghambat pertumbuhan bakteri dan bahan kimia yang menurunkan pH sehingga meningkatkan faktor serapan air. Masukkan 2 sendok makan dalam air sebanyak 1 liter. Bisa juga dengan menggunakan larutan cuka atau jeruk lemon.  Cuka atau jeruk lemon berfungsi sebagai menghambat pertumbuhan bakteri. Selain pengawet alami, Anda juga bisa membeli pengawet buatan di toko-toko bunga terdekat.

Jaga bungamu agar tetap segar dan cantik, Semoga bermanfaat

0 komentar:

Posting Komentar